MEDIA PEMBELAJARAN SMP
ALAT PERAGA “OPERASI HIMPUNAN”
Disusun Oleh
Kelompok Kelas 6C :
1.
Widjayanto (10
411 098)
2.
Ervina
Novitasari (10
411 090)
3.
Dewi Novitasari (10 411 109)
4.
Dewi Mustika
Sari (10 411
124)
5.
Yunanda Lusiyani (10 411 130)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI MADIUN
2013
1.
Alat Peraga
Untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar
matematika diperlukan kreatifitas dalam penyampaian materi, salah satunya
dengan menggunakan model permainan. Dengan adanya permainan diharapkan siswa
dapat meningkatkan daya pikir, penalaran, dan menemukan sesuatu yang baru.
Model permainan ini dapat diwujudkan dalam bentuk alat peraga.
Alat peraga adalah suatu benda konkret yang digunakan untuk
membantu menyajikan materi. Penggunaan alat peraga memungkinkan penerapan
konsep dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hal ini akan mempermudah siswa
dalam memahami materi ajar Matematika.
2. Operasi Himpunan
Operasi Himpunan adalah
suatu permainan yang bertujuan untuk merangsang penalaran siswa. Operasi Himpunan berfungsi untuk menemukan suatu anggota himpunan dan pengoperasiannya dengan cara bermain. Permainan
ini terdiri dari 3 himpunan, 3 operasi dan
54 titik. Permainan ini dimulai melibatkan siswa untuk menemukan anggota dari suatu himpunan dan
mengoperasikannya dengan himpunan yang lain dengan aturan:
·
Guru
menentukan suatu himpuan kemudian siswa menentukan anggota himpunan.
·
Dalam pengoperasian dilakukan oleh siswa dengan petunjuk dari guru.
3. Macam–macam operasi himpunan
Dalam operasi himpunan terdapat beberapa macam
operasi dalam tiap operasi mempunyai aturan-aturan sudah ditentukan. Operasi
himpunan terdadapat didalamnya, Operasi irisan dua himpunan, Gabungan dua
himpunan, Selisih dua himpunan dan kompelen himpunan. Dalam mempelajari
himpunan perlulah mengttahui semestanya yang artinya adalah himpunan yang memuat
semua anggota atau objek yang dibicarakan. Setelah mengetahui semesta dapat
ditentukan atau dibuat suatu himpunan dengan aturan yang masih berada di dalam
ruang lingkup semesta yang dibicarakan.
Operasi
irisan adalah Irisan himpunan A dan B
(A Ç B)
adalah himpunan yang anggotanya merupakan anggota
himpunan A
yang juga menjadi anggota himpunan B. Irisan himpunan A dan
himpunan B
dinotasikan
dengan A Ç B =
{x | x Ç A dan x Ç B}.
Operasi Gabungan
himpunan A dan B (ditulis A È B) adalah himpunan yang anggotanya adalah
merupakan
anggota himpunan A atau anggota himpunan B. Gabungan himpunan A
dan
B dinotasikan dengan
A È B = {x | x È A atau
x È B}
Selisih dua
himpunan Misalkan diketahui dua himpunan A dan
B. Selisih himpunan A dan B adalah himpunan
semua
anggota A yang buka anggota B, dan ditulis
A – B = {x | x ϵ A, x ϵ B}
Komplemen, dimisalkan dari himpunan A adalah semua anggota S (himpunan
semesta) yang bukan anggota A.
Cara Penggunanan/ Penggunaan media
- Guru menentukan semesta himpunan.
- Guru menentukan syarat dua himpunan.siswa mencari anggota masing-masing himpunan dari semesta dengan syarat yang telah ditentukankemudian di tempelkan pada papan himpunan.
- Guru menentukan operasi himpunan yang akan diselesaikan oleh para siswa.
- Guru membimbing siswa untuk menyelesaikan operasi tersebut.
- Siswa mengikuti bimbingan dari guru dan melakukan operasi tersebut.
- Bersama guru memberikan bimbingan untuk menentukan kesimpulan
untuk gambar skenario pembelajran dan keterangan lebih lanjut mengenai media ini bisa hubungi link widjayha
untuk file bisa di unduh di link ini alat peraga operasi himpunan.pdf
untuk file bisa di unduh di link ini alat peraga operasi himpunan.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar