Minggu, 27 Maret 2011

Apakah anda sudah tahu apa itu JAGONGAN

Jagongan merupakan suatu tradisi jawa pada umumnya tradisi ini dilakukan setiap kali ada tetangga atau kerabat yang mempunyai hajatan dapat berupa pernikahan,khitanan,syukuran kelahiran bayi dan acara lainnya.


Jagongan sendiri mempunyai arti dalam bahasa jawa jaduman atau ngobrol-ngobrol bersama tapi dalam suatu jagongan dilakukan pada malam hari dari sore hari hingga pagi hari.
dilakukan di rumah orang yang mempunyai hajatan di dalam rumah di ruang depan dengan beralaskan tikar seadanya mereka berkumpul diisitu, para orang tua ataupun muda berkumpul.


Juga tidak jarang dalam suatu jagongan ada permainan kartu remi atapun permainan kartu lainnya yang bisa juga disebut perjudian tapi semua ini dilkukan hanya untuk sebatas hiburan tanpa ada rasa untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri jadi kalau untuk alasan trradisi tak apalah.
Karena bagi mereka yang menang uang nya pun juga akan dibelikan atau digunakan untuk bersama - sama. Ada juga yang di namakn cuk an dalam permainan kartu di jagongan cuk an ini berupa piring yang di isi uang se ikhlas nya tak di isipun juga tak apa yang mengisi adalah penjagong yang datang.


Pihak rumah yang mempunyai hajatan pun juga ikut memberikan makanan atau kopi untuk para penjagong biasanya tengah malam di hidangkan dengan hidangan khasnya nasi pecel plus dengn kerupuk singkong yang gurih di tambah dengan teh hangat sebagai minumannya.


Salah satu maksud dari jagongan ini adalah sebagai ucapan memberikan selamat kepada keluarga yang mempunyai hajatan walaupun tanpa memberikan sesuatu yang berkesan entah itu berupa uang ataupun barang, bagi keluarga semakin banyak orang yang datang semakin merasa bangga dan bisa juga bahagia karena merasa banyak yang peduli terhadap keluarganya.


Begitu banyak bukan tradisi yang ada di jawa aku bangga menjadi orang jawa bagi orang jawa semuanya tidak di ukur dengan uang hanya dengan kita datang saja sudah dapat memberikan rasa senang kepada orang lain.


Bukankah itu hal mudah yang dapat dilakukan untuk menjalin rasa kebersamaan terhadap saudara kerabat atau tetangga jadi jangan pernah tinggalkan tradisi ini.
Lestarikan terus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

In Memoryan of Cifu Slideshow: Tom’s trip from Palembang, Sumatra, Indonesia to Surabaya was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.