Sabtu, 05 Maret 2011

omed - omedan

Setelah melaksanakan Tapa Bratha, dalam rangkaian Hari Raya Nyepi, Umat Hindu di Denpasar, Bali, , melakukan tradisi unik, yang dinamai Omed omedan. Tradisi ini, diyakini dapat menangkal bencana.

Saat pelaksanaan tradisi Omed-omedan, semua peserta terlebih dulu, harus melakukan sembahyang secara bersama, memohon izin keselamatan kepada leluhur. Kemudian, satu persatu pemuda dan pemudi dipertemukan dengan cara digendong, untuk saling tarik dan berpelukan. Tak jarang, ada yang mencoba mencium pasangannya di hadapan khalayak umum.

Meski terlibat banyak pemuda dan pemudi peserta Omed-omedan yang berpelukan dan berciuman, namun masyarakat setempat tak memandang tradisi ini sebagai pornografi., Tradisi sakral, yang sudah dilakukan turun temurun, sejak abad ke 17 ini, dari keramaian dan kebahagiaan yang ditimbulkan peserta, diharapkan, bisa membuat lingkungan desa, terhindar dari segala macam wabah penyakit, dan bencana.


mungki hal itulah yang meng inspirasi salah satu musisi bali untuk menciptakan lagu yang berjudul omed - omedan lagu ini kalau menurut aku sih keren aku tahu lagu ini semenjak aku  dulu pernah prakerin di Suatu PT di sumatera selatan di sanalah aku kenal dengan orang bali yang menurut aku sangatlah ramah tidak kalah ramah dengan orang jawa. Q di kasih tahu beberapa lagu bali seperti sangut dalem n omed - omedan so bagi temen - temen yang mau download lagu omed - omedan yang bagus saya bilang keren itu bisa klik link ini Download Mp3 Omed - omedan

kapan kapan ikut tradisi ini gak yow enak tohhh marai pengen wae , ,heheheehh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

In Memoryan of Cifu Slideshow: Tom’s trip from Palembang, Sumatra, Indonesia to Surabaya was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.